Minggu, 29 Juni 2008

Open Source vs Bohongan / Penipuan

Pada saat ini beberapa programmer yang saya minta bantuan untuk membuat sebuah program aplikasi on-line berbasis web database dengan menggunakan PHP dan database MySQL menyatakan bahwa aplikasi yang mereka buat adalah open source, namun pada kenyataannya setelah saya beli program tersebut diproteksi kodenya dengan ZEIN OPTIMIZER, karena trus terang saya membeli program tersebut adalah ingin mempelajari bagaimana teknik aplikatif yang sesungguhnya dalam membuat sebuah program dengan PHP dan MySQL sehingga saya dapat membuat sebuah program / aplikasi untuk keperluan saya sendiri.

Tapi, Open source ? tersebut hanyalah BUALAN / BO'ONGAN saja, ternyata program tersebut telah diproteksi dengan menggunakan ZEIN OPTIMIZER. Loh ? padahal pada janji awal sebelumnya saya sudah bertanya apakah program tersebut Open Source dan beliau menjawab YA, sehingga saya pun membeli program tersebut, kalau beliau menyatakan program tersebut terproteksi tentu saya pun tidak akan jadi membeli program ini.

Dari kasus yang saya alalmi ini, saya jadi bingung apa sih yang dimaksud dengan OPEN SOURCE ? ya, kalo memang tidak mau menjual program berikut kodenya ya sebaiknya dinyatakan dengan konsumen bahwa program ini TIDAK OPEN SOURCE. Jangan membohongi konsumenlah....

Untuk para programmer,  saya setuju bahwa yang namanya kode program (merupakan dapur kita, ya nggak?), namun perlu diingat jika anda mengatakan bahwa program adalah open source, harap jangan mempermainkan kata-kata ini, berikanlah memang program yang tidak ada proteksinya sama sekali sehingga konsumen tidak merasa dirugikan, jika tidak katakan yang sesungguhnya bahwa program kita tidak open source artinya kita hanya menjual program jadi, jika Mau lanjut jika tidak ya batal. Dengan demikian konsumen dapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan apakah akan membeli atau tidak ?

AYOOO MAJU TERUS PROGRAMMER INDONESIA !!!

Tidak ada komentar: